"Aku tinggalkan kepada kalian dua perkara, jika kamu berpegang teguh dengan keduanya, kalian tidak akan tersesat selama-lamanya, yaitu Kitabullah dan Sunnahku." (HR. Ibnu Abdil dan Abu Bakar Asy-Syafi’i)

Banner 468

Merindukan Pribadi-Pribadi Unggul

Posted by Mari Bersholawat on - -

Perubahan dan kemajuan sebuah bangsa selalu diinspirasi dan digerakkan oleh pribadi-pribadi unggul dalam berbagai profesi dan bidang kehidupan. Bangsa ini merdeka karena tampilnya pribadipribadi unggul. Saat ini, posisi Indonesia mirip situasi pra-kemerdekaan: berjuang meraih kedaulatan bermartabat dalam pergaulan dunia.

Paham kaum strukturalis ada benarnya, bahwa faktor-faktor dominan yang menggerakkan perubahan sosial itu bukannya subyek yang bekerja secara
otonom, tetapi relasi-relasi kuasa yangbersifat impersonal. Namun, pendapat ini tidak selalu benar mengingat dalam sejarah banyak pribadi unggul yang
bahkan mampu membangun paradigma pemikiran baru dan menggubah jalan serta peta sejarah. Mereka bukan sekadar trend setters, tetapi history makers. Dalam sejarah Indonesia, Soekarno-Hatta adalah ikon dua pribadi unggul dalam pemikiran intelektual dan gerakan politik untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di dunia bulu tangkis, kita pernah memiliki Rudy Hartono. Ada sekian sosok lain yang memiliki reputasi nasional dalam bidang beragam dan menjadi wakil bangsa yang dihormati dalam percaturan dunia..

Tentu saja secara moral, intelektual, dan psikologis setiap anak terlahir memiliki keunikan dan keunggulan. Menurut kajian neuro-psikologi, ratarata
potensi kecerdasan orang yang teraktualisasikan masih di bawah lima persen. Jadi sebenarnya banyak sekali putra-putri bangsa yang memiliki potensi keunggulan kelas dunia, asal mendapat fasilitas, perhatian, dan kesempatan untuk tumbuh.
Hal ini sudah dibuktikan Yohannes Surya dengan program mencari dan membina bibit unggul di bidang Olimpiade Fisika Internasional. Hasilnya sungguh mengagetkan, banyak anak Indonesia dari keluarga miskin yang menjadi juara kelas dunia.

Visi, Skill, dan Integritas

Mengingat setiap zaman dan situasi memiliki tantangan tersendiri, tidaklah realistis memimpikan munculnya sosok seperti Gandhi, Mandela, Ayatullah Khomeini, atau Soekarno-Hatta. Namun, bangsa ini sungguh merindukan tampilnya pribadipribadi unggul di lingkungan kerja masing-masing yang menjadi sumber inspirasi, model, dan penggerak proses perbaikan yang hasilnya bisa diukur.

Dalam kajian manajemen, sosok pribadi unggul setidaknya memenuhi tiga kriteria, yaitu visioner, punya imajinasi, dan wawasan jauh ke depan dalam mengemban tugasnya di tengah perubahan dan persaingan global yang sulit diprediksi. Kedua, memiliki keterampilan manajemen (managerial skill) guna memimpin proses perubahan yang tertuang dalam program nyata. Ketiga, mereka harus memiliki integritas kuat, sesuai antara ucapan dan tindakan (walk the talk) sehingga menjadi panutan bagi lingkungannya.

Kalaupun ketiganya sulit ditemukan dalam diri seseorang, maka diperlukan tumbuhnya sebuah kultur kepemimpinan kolektif sebagaimana sebuah tim sepak bola yang mengandalkan soliditas kerja sama, kecerdasan strategi, dan daya juang yang tak kenal menyerah. Setidaknya ada 85 nilai yang melekat pada permainan sepak bola yang relevan dengan iklim kerja dan perjuangan hidup. Tiga hal di antaranya, tiap pemain mesti memiliki visi yang jelas, ke mana bola hendak dibawa. Kedua, memiliki keterampilan bagaimana menjinakkan dan membawa bola. Ketiga, mereka harus memiliki integritas tinggi berupa disiplin pada posisi dan perannya, penuh tanggung jawab, dan selalu memberi layanan terbaik kepada sesama teman. Pemain yang tidak terampil dan tidak memiliki integritas pasti dicoret dari tim.
Kita pantas merenung, beberapa negara tetangga yang semula tidak memiliki reputasi sepak bola, demokrasi, dan penegakan hukum serta industri maju, tiba-tiba sudah berdiri jauh di depan. Sekian penduduk Indonesia di Sumatera hanya bekerja sebagai kuli dan penjaga perkebunan kelapa sawit
milik negara tetangga. Sekian sarjana terbaik kita menjual kepintarannya pada perusahaan asing di Tanah Air sendiri. Dan banyak sektor jasa, baik
pekerja maupun calon konsumen adalah masyarakat Indonesia, namun juragannya adalah orang asing. Kondisi ini sungguh menyakitkan, saat sebagian politisi selalu meributkan perebutan posisi di badan legislatif dan eksekutif agar bisa membayar utang pada partai yang mengorbitkan. Lalu sebagian
tokoh agama sibuk membahas kadar iman dan keyakinan orang lain. Belum lagi setiap pagi disuguhi berita koran dan televisi seputar gagalnya birokrasi pemerintahan dalam melindungi, melayani, memajukan dan menyejahterakan rakyat. Konstatasi itu bukannya berangkat dari pandangan pesimisme, tetapi realitas sosial-politik yang harus direspons serius, karena kebutuhan dan tuntutan perbaikan bangsa ini tidak bisa ditunda-tunda.

Dari berbagai forum seminar dan perdebatan politik, ada kesan para tokoh kita sulit menjadi pendengar dan pembelajar yang baik. Padahal kemenangan dalam perdebatan verbal sering menipu diri sendiri. Semakin seseorang banyak dan keras bicara, kian sulit mendengarkan suara hatinya (inner voice) serta menggali pemikiran alternatif dan orisinal. Apa pun yang akan dikritik atau banggakan tentang Indonesia, kini kita merindukan tampilnya pribadi-pribadi unggul yang menjadi penggerak berbagai bidang profesi, terampil, visioner, dan memiliki integritas.

•(Komaruddin Hidayat, Pendiri/ Pembina Sekolah Berwawasan Internasional (SBI) Madania dan Direktur Program Pascasarjana UIN JakartaSumber: Kompas Cyber Media)

Categories:

Delete this element to display blogger navbar